Resmi Dioperasikan Kereta Api Krakatau Jurusan Merak – Madiun


Laporan : Den Ayu
Kota Cilegon – Menteri Perhubungan (Menhub) RI-EE.Mangindaan didampingi Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah meresmikan pengoperasian dua rangkaian Kereta Api (KA) kelas Ekonomi AC jurusan Merak-Madiun di Stasiun Kereta Api Merak di Kota Cilegon, Rabu (24/7).Penumpang yang akan menggunakan KA jurusan Merak-Madiun dengan rute Merak-Purwokerto-Madiun tersebut dikenai tarif tiket sebesar Rp180 ribu per orang. Berangkat dari Merak sekitar pukul 08:45 WIB dan diperkirakan akan sampai di Stasiun Madiun sekitar pukul 00:30 WIB atau menempuh perjalanan sekitar 16 jam.

Menhub mengatakan bahwa pengoperasioan rangkaian yang diberi nama KA Krakatau tersebut merupakan wujud nyata dan komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi kereta api jarak jauh pada masa angkutan lebaran tahun 2013, selain itu juga sebagai upaya pemerintah untuk pengembangan kerea api jarak jauh antar kota lintas provinsi.

“Dengan dioperasikannya KA Krakatau ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan jasa transportasi kereta api bagi masyarakat yang berangkat dari Merak dengan tujuan Jawa Timur tepatnya hingga Stasiun Madiun, terutama dalam menghadapi lebaran tahun ini” ujar Menhub saat peresmian.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur menyambut baik pengoperasian KA Krakatau yang diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan karena masyarakat bisa menggunakan moda transportasi kereta api dari Merak hingga Madiun yang melewati beberapa daerah lainnya.

“Pengoperasian kereta api ini menjadi momentum yang tepat terutama menghadapi lebaran. Kami berharap ini menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan transportasi umum bagi masyarakat” jelas Gubernur.

Dua rangkaian KA Krakatau tersebut masing-masing 10 rangkaian yang terdiri dari delapan gerbong untuk penumpang biasa berkapasitas 80 tempat duduk per gerbong dan dua gerbong untuk penyandang ketunaan dan lansia dengan kapasitas 64 tempat duduk per gerbong.

Kereta jurusan Merak-Madiun tersebut akan melintasi dan berhenti di sejumlah stasiun yaitu Merak, Cilegon, Serang, Rangkasbitung, Pasar Senen, Bekasi, Purwokerto, Karang Anyar, Kutoarjo, Wates, Lempuyangan, Solojebres, Walikukun, Paron Barat dan terakhir berhenti di Madiun.***(hbc)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s